Proposal Usaha Japia Food Company "Nasi Goreng Jepang"

shares |

BAB I
PENDAHULUAN
Nasi goreng  merupakan salah menu  favorit di negara kita, karena hampir 100% orang Indonesia suka dengan nasi goreng. Sehingga membuka usaha dengan menjual nasi goreng merupakan peluang yang sangat bagus untuk dikembangkan. Melihat competitor dibidang usaha kuliner khususnya nasi goreng begitu banyak, kami semakin bersemangat untuk mengembangkan usaha ini dengan meracik bumbu dan memunculkan varian rasa terbaru yang sehat dan langsung diminati para pelanggan. Usaha bisnis ini dapat kami jalankan dengan mengoptimalkan bakat, minat, hobby, kegemaran yang kami miliki, dengan niat yang baik maka usaha akan berjalan dengan lancar dan juga tentunya siap menghadapi resiko-resiko yang menghampiri.
A.     Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka sekarang orang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karena pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia  berbahaya. Sebagian masyarakat , memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki cita rasa yang enak dengan harga yang terjangkau dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha Nasi Goreng, karena Nasi merupakan makanan pokok sehari-hari masyarakat Indonesia. Nasi Goreng ini menggunakan bumbu khusus, yaitu kecap asin dari jepang yang bernama kecap “soyu”. Selain itu bahan lain diiris seperti ukuran salad.
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha Nasi Goreng, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: NASI GORENG JEPANG. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli NASI GORENG JEPANG kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan berbagai varian rasanya.
BAB II
COMPANY PROFILE
A.   Deskripsi Usaha
Nama perusahaan                  : Japia Food
Produk Utama                          : Nasi Goreng Jepang
Produk Pelengkap                  : Kripik Lumpia
Alamat Email                            : japiafood@gmail.com
Social media
Instagram                                  : @japiafood
Facebook                                  : www.facebook.com/japiakokohfood
No. Telepon                              : 089518500971
B.   Struktur Kepengurusan
           
 

C.   Job Desk
1.    Owner
Membantu dalam hal penanaman modal, bekerja sama dengan anggota yang lain ketika produksi dan memberikan arahan serta masukan dalam operasional.
2.    Sekretaris
Melaksanan pencatatan pada setiap kegiatan dan membantu owner untuk melaksanakan tugas-tugasnya serta membantu anggota yang lain dalam hal produksi.
3.    Koki
Berperan penting dalam hal produksi  yakni kreasi dan inovasi terhadap menu dan sajianya. Serta memperbaharui jenis-jenis dari menu itu sendiri.
4.    Keuangan
Melakukan pencatatan terhadap keluar masuknya dana dalam operasional sehari-hari serta mempertimbangkan antara harga dengan jenis menu beserta kualitas agar tetap relevan dan seimbang sehingga tidak ada kerugian ketika melakukan penjualan. Membantu dalam hal produksi setiap harinya.
5.    Produksi
Membeli kebutuhan untuk operasional serta menyiapkan tempat untuk melakukan produksi dan berperan penting dalam hal kelancaran produksi.
6.    Marketing
Marketing adalah satu bagian yang memiliki peran sangat penting  dalam suatu perusahaan, karena marketing memiliki fungsi untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen serta menguasai pasar. Banyaknya konsumen yang dimiliki perusahaan menentukan banyaknya jumlah pemasukan bagi perusahaan. Semakin besar pemasukan yang berhasil didapatkan, maka perusahaan akan semakin berkembang, demikian pula sebaliknya
  1. Misi, Visi , dan Motto
Misi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
Visi
1.    Memberikan kualitas yang terbaik
2.    Memberikan pelayanan yang terbaik
Motto
Motto usaha kami adalah “ Siapa Yang Bersungguh-sungguh Pasti Akan Berhasil “
BAB III
                              STRATEGI PEMASARAN
A.   Segmentasi Pasar
1.    Geografis
Kami memulai Bisnis usaha kuliner ini dengan lokasi penjualan di Kota Depok tepatnya di Jalan Margonda Raya, karena Jalan Margonda merupakan pusat Kota Depok dengan lokasi yang sangat strategis ini karena banyak terdapat kantor, ruko, dan juga kampus.
2.    Demografis
Dari segi demografis kami mengelompokan penjualan mulai dari usia remaja sampai dewasa, karena produk yang kami buat sehat dan tidak memakai bahan pengawet dan bahan kimia yang berbahaya.
3.    Psikografis
Perusahaan kami mengelompokan psikografis dari segi gaya hidup, rata-rata hampir semua orang Indonesia mempunyai gaya hidup konsumtif, jadi kami melakukan segmen pasar bagi pecinta kuliner
B.   Marketing Mix
1.    Product
Produk kuliner yang kami produksi tergolong makanan berat, karena bahan utama dari nasi, yang kami beri nama Nasi Goreng Jepang, alasan lain kami memberi nama itu karena bahan penting lainnya menggunakan kecap soyu sebagai inovasi baru dalam Nasi Goreng tersebut
Analisa SWOT
a.     Strenght (S)
·           Sehat dan bergizi
·           Mempunyai ciri khas, sehingga berbeda dengan yang lain
·           Penyajian menarik
·           Cepat, Rapih dan Bersih
·           Pegawai yang cekatan
b.     Weaknes(W)
·           Produk yang ditawarkan belum popular
·           Persaingan pasar dengan produk sejenis
c.     Opportunity(O)
·           Termasuk kebutuhan masyarakat yang banyak
d.     Treat (T)
·           Persaingan kuat dengan pedagang lain
·           Kurangnya minat masyarakat terhadap produk karena belum popular
·           Harga yang masih diatas rata-rata
2.    Price
Adapun menu yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan sajian dan topping didalam nasi goreng jepang tergantung dari rasa yang dipesan oleh konsumen. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
Varian Nasi goreng jepang
Harga
Topping Ayam suir
Rp 20.000,-
Topping Sosis
Rp 18.000,-
Topping Baso
Rp 17.000,-
Topping Otak-otak
Rp 17.000,-
Topping Nugget
Rp 18.000,-
Topping Telur Mata sapi
Rp 18.000,-
Kripik Lumpia 100 gr
Rp   2.500,-
Analisa SWOT
a.  Strenght (S)
·         Toping yang bervariasi
b.  Weaknes (W)
·         Pembeli lebih suka kepada yang lebih murah
c.  Opportunity (O)
·         Masih sangat sedikit yang menjual Nasi Goreng Jepang
d.  Treat (T)
·         Persaingan harga dengan pedagang lain
3.    Place
Proses peracikan bumbu dan produksinya dilakukan dirumah. Sedangkan penjualan Nasi Goreng Jepang kami lakukan di Jalan Margonda Raya Kota Depok
Analisa SWOT
a.    Strenght (S)
·           Tempat strategis
b.    Weaknes(W)
·           Ketika hujan deras , sering terjadi banjir
·           Macet yang terus menerus
c.    Opportunity(O)
·           Banyak orang yang melintasi tempat ini
d.    Treat (T)
·           Persaingan dengan pedagang lain
4.    Promotion
Kami melakukan promosi melalui online, karena perkembangan teknologi digital yang sudah maju dan kebanyakan orang Indonesia lebih suka yang instan. Kami melakukan promosi melalui media social seperti Instagram, Facebook, dan fanepag serta menerima orderan melalui aplikasi whatsapp dan line.
C.   Positioning
Keunggulan dari produk kami mempunyai berbagai macam pilihan topping dengan harga lebih terjangkau dibanding yang lain dengan rasa yang enak karena tambahan saus soyu untuk menambah rasa khas Nasi Goreng Jepang
D.   Targeting
Target pasar produk Nasi goreng jepang kami adalah usia remaja sampai dewasa.
BAB IV
PROSES PRODUKSI
A.   Bahan produksi
Bahan-bahan
Bumbu Alus
Pelengkap
Nasi
Daun bawang
Bawang Bombay
Kol
Timun
Wortel
Jagung
Bumbu penyedap rasa
 ( Royko, Ladaku  )
Kecap shoyu
Garam
Margarin
Minyak
Telur
Bawang bombay
Eby
Bawang putih
Kemiri
Minyak
Ayam suwir
Sosis
Nuget
Otak2
Bakso



 


A.   Proses produksi








BAB VI
KESIMPULAN
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada tuhan yang maha esa karena atas segala Rahmat dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kamiucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini. Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Nosi Goreng ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini. Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
 BAB VI
KESIMPULAN
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada tuhan yang maha esa karena atas segala Rahmat dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kamiucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini. Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Nosi Goreng ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini. Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar